• Jawa Timur

Bandara Dhoho, Harapan Baru Ekonomi Kediri

Eko Budhiarto | Selasa, 11/06/2024 11:03 WIB
Bandara Dhoho, Harapan Baru Ekonomi Kediri Bandara Dhoho Kabupaten Kediri, Jawa Timur

SITUSJATIM - Bandara Dhoho di Kabupeten Kediri turut menjadi harapan baru peningkatan perekonomian Kota Kediri.

"Manfaatnya sangat banyak, yakni memudahkan aksesibilitas masuk ke Kota Kediri, membuka banyak lapangan pekerjaan, serta perekonomian masyarakat juga akan tumbuh," kata Penjabat Wali Kota Kediri Zanariah di Kediri, Senin (10/6/2024).

Pemkot juga terus berbenah dengan sudah beroperasinya bandara. Berbagai fasilitas di kota ini juga terus diperbaiki sehingga masyarakat yang berkunjung ke kota ini termasuk yang lewat bandara bisa lebih nyaman.

"Potensi pun juga sangat besar. Kami berharap tamu-tamu yang datang, paling tidak menginap semalam dua malam di Kota Kediri. Makanya kami harus siapkan kota yang ramah untuk segala usia baik lansia, anak-anak dan semuanya," ujar dia.

Dia juga menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukan oleh Kota Kediri dengan menyediakan berbagai pelatihan, salah satunya pelatihan kebandarudaraan.

Selain itu, pemkot juga memberikan bantuan modal bagi para UMKM Kota Kediri sehingga usaha mereka bisa terus berkembang. Pemkot juga membantu untuk sertifikasi halal, serta dilakukan kurasi agar kualitas terjaga dan masyarakat yang akan membeli tidak ragu.

"Saya minta kalau kuliner harus ada uji klinisnya agar orang yang mau membeli tidak takut atas kebersihan dan kesehatan produk tersebut," ujar dia.

Selain kuliner, menurut dia, sarana prasarana juga harus mendukung untuk bisa menangkap peluang dari dibangunnya bandara itu 

Pj Wali Kota Kediri menuturkan jalanan di Kota Kediri terus diperbaiki. Trotoar pun juga sama akan diperbaiki dan juga ditata. Selain itu, kecepatan kendaraan di dalam kota hanya boleh 40 kilometer per jam sehingga aman untuk para pesepeda.

"Jalur sepeda juga akan diperjelas. Pesannya bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Tempat sampah juga sudah diupayakan oleh Pemerintah Kota Kediri disediakan berjarak agar memudahkan untuk membuang sampah," kata dia.

 

FOLLOW US