• Kesra

Soft Launching IIBS Imam Balqi Pare, Asupan Halal Thayyib Penunjang Generasi Unggul Beradab

Hermawan Priyono | Minggu, 09/06/2024 06:27 WIB
Soft Launching IIBS Imam Balqi Pare, Asupan Halal Thayyib Penunjang Generasi Unggul Beradab Prof. Dr Elfi Anis saat memaparkan nutrisi halal dan thayib dalam sebuah seminar ilmiah yang berlangsung di IIBS Pare Kediri ( Foto : Istimewa )

 

SITUSJATIM - Asupan nutrisi makanan adalah hal penting diperhatikan oleh orang tua. Kenyataannya, orang tua lebih mengedepankan cita rasa makanan ketimbang nutrisi yang terkandung.

Hal itu disampaikan oleh Prof. Dr. Elfi Anis Sa`ati, guru besar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam senimar bertajuk *Nutrisi Halal Thayyib Penunjang Generasi Unggul dan Mulia" sebagai rangkaian jelang grand launching Internasional Islamic Boarding School Imam Balqi Pare (IIBS Pare) bertempat di kompleks Masjid Imam Balqi, kawasan Kampung Inggris, Pare, Kediri, Sabtu (8/6).

"Kita ini lebih sering suka makanan yang enak saja, ngga tahu gizinya atau nutrisinya bagus atau nggak,"kata Elfi.

Ditegaskannya, seharusnya makanan menjadi penting tak sekedar empat sehat lima sempurna secara jasmani tapi juga makanan yang mendatangkan ketenangan Ruhani/jiwa. "Istilah lainnya adalah healing food," papar guru besar Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tersebut.

Muhammad Yusuf Aziz, selaku takmir masjid Imam Balqi, mendukung sepenuhnya seminar ini. Lelaki yang juga anggota DPRD Kabupaten Kediri ini merasa bahagia karena masjid menjadi pusat ilmu tak hanya kajian agama semata.

"Ilmu ini (ilmu kesehatan, nutrisi dan gizi, red) sama pentingnya untuk kita agar keluarga sehat dan bahagia. Perlu ada gerakan sadar makanan halal Thayyib, agar anak-anak mudah dididik jadi sholeh," ujar fungsionaris Partai Amanat Nasional tersebut.

Dalam acara tersebut uga diteguhkan Gerakan Indonesia Keluarga Tangguh (GIAT), sebagai bentuk support system terpenting mendidik generasi unggul dan mulia. Hal itu adalah gerakan penyadaran bahwa pendidikan perlu kerja sama antara sekolah dengan rumah.

Seminar Ilmiah tersebut merupakan rangkaian Grand Launching pada 23 Juni 2024. Pakar kesehatan yang populer, dr. Zaidul Akbar, dijadwalan hadir sebagai narasumber.

Keywords :

FOLLOW US