Peduli Dengan Korban Banjir di Alam Mutiara Candi, BPBD Jatim Bantu Logistik Dapur Umum

Hermawan Priyono | Selasa, 20/02/2024 21:44 WIB

Banjir yang terjadi di Kecamatan Candi Sidoarjo mendapatkan atensi khusus dari Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto. Secara khusus pejabat yang ramah tersebut mendatangi titik banjir yang ada di Kelurahan Kendalpecabean. Titik pertama yang dituju adalah Perumahan Green Residence. Kalaksa BPBD Jawa Timur mendapatkan penjelasan dari warga perumahan Alam Mutiara Candi yang wilayahnya terdampak banjir besar di Sidoarjo ( Foto : Humas BPBD Jatim )

SITUSJATIM - Banjir yang terjadi di Kecamatan Candi Sidoarjo mendapatkan atensi khusus dari Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto. Secara khusus pejabat yang ramah tersebut mendatangi titik banjir yang ada di Kelurahan Kendalpecabean. Titik pertama yang dituju adalah Perumahan Green Residence.

Ditempat tersebut Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto mendapatkan penjelasan dari Pj Kepala Desa Kendalpecabean Erna Sukowati. Banjir yang sudah terjadi sepekan tersebut menyebabkan banyak warga yang terserang penyakit kulit serta kesulitan MCK dan air bersih.

" Warga terdampak saat ini membutuhkan MCK portable juga air bersih. Karena kondisi banjir berdampak pada 2 kebutuhan tersebut " ujar Erna Sukowati.

Menyikapi situasi tersebut Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto melakukan koordinasi dengan BPBD Sidoarjo. Dari hasil koordinasi tersebut terpetakan untuk kebutuhan air bersih akan ada bantuan dari PDAM Sidoarjo. Sementara untuk MCK Portable sukit dipenuhi karena terkait dengan pembuangan akhir yang tidak tersedia.

Baca juga :

" Insyallah untuk air bersih nanti ada bantuan dari PDAM Sidoarjo dan BPBD setempat. Sementara MCK Portable kita kesulitan tempat pembuangan akhirnya. Mengingat semua lokasi tergenang banjir " ujar Gatot Soebroto.

Dalam sidaknya Gatot Soebroto juga merasakan dampak banjir yang lebih parah di Perumahan Alam Mutiara yang lokasinya bersebelahan dengan Green Residence. Gatot Soebroto pun berjalan kaki menyusuri setiap jengkal tanah yang terendam.air setinggi 30 cm.

" Ini lebih dalam dan ini menjadi genangan karena lokasi sekitarnya yang tinggi " ujar Gatot.

Kalaksa BPBD Jatim ini juga sempat memantau pengobatan yang dilakukan di Alam Mutiara. Selain itu juga mencari lokasi untuk dapur umum, yang rencananya dilakukan di pelataran Masjid Alam Mutiara.

" Nanti kita akan bantu logistik dapur umum. Sementara tenaga dan peralatan dari warga " papar Gatot Soebroto.

Selain meninjau sejumlah rumah dan lokasi banjir di Perumahan Alam Mutiara, Kalaksa BPBD Jatim juga mendistribusikan bantuan untuk warga terdampak, berupa, makanan siap saji sebanyak 25 karton, air mineral 15 karton, minyak goreng mitra 5 karton dan susu UHT sebanyak 5 karton yang diterima oleh Pj Kades Kendalpecabean Erna Sukowati.

TAGS : Banjir Sidoarjo BPBD Jatim