Pengda Iropin Jatim Siap Gelar Pertemuan Ilmiah Tahunan di Kota Malang

Hermawan Priyono | Sabtu, 20/04/2024 10:07 WIB

Pertemuan Ilmiah Tahunan atau PIT IROPIN (IROPIN Annual ScientificMeeting) pertama kali diadakan saat IROPIN merayakan usia emas yang ke-50 di tahun 2023 dalam rangka Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (P2KB) yang menandai permulaan dari serangkaian acara tahunan yang akan diadakan oleh IROPIN ke depannya. Pengurus Daerah Ikatan Profesi OPptometris Indonesia wilayah Jawa Timur siap menggelar Pertemuan Ilmiah Tahunan Ke 2 yang akan dilangsungkan di Kota Malang ( Foto : Her

SITUSJATIM - Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Ikatan Profesi Optometri Indonesia (IROPIN) atau IROPIN Annual Scientific Meeting pertama kali diadakan saat IROPIN merayakan usia emas yang ke-50 di tahun 2023. Kegiatan yang diadakan dalam rangka Program pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (P2KB) ini, menandai permulaan dari serangkaian acara tahunan yang akan diadakan oleh IROPIN ke depannya.

Kegiatan ini adalah tonggak sejarah kegiatan ilmiah dimana para ahli dan pakar bertemu dengan praktisi profesi Optometris dalam jumlah besar, untuk update ilmu dari berbagai sisi kompetensi Optometri, yakni terkait pelayanan fungsi penglihatan, pelayanan teknologi optik dan pelayanan diagnostik ujar Nova Joko Pamungkas, selaku pembina PIT IROPIN dan Ketua Umum IROPIN periode 2021-2026.

Topik-topik update akan mengisi gelaran PIT yang relevan dalam pekerjaan optometris menjalankan profesinya. Termasuk saat gelaran untuk kedua kalinya PIT IROPIN 2024.

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) IROPIN Jawa Timur Beni Pujo Sayogo menyampaikan, latar belakang digelarnya PIT ke-2 IROPIN ditahun 2024 adalah, bahwa bidang kesehatan mata ini dihadapkan pada tantangan yang semakin kompleks. Oleh karena itu penting bagi para tenaga kesehatan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para optometris, guna memberikan layanan yang bermutu dan berkualitas kepada masyarakat.

Baca juga :

"Saat ini tantangan dunia kesehatan makin kompleks, karenanya kita perlu meng-upgrade keahlian tenaga kesehatan termasuk bidang optometris lewat PIT ke2 IROPIN di tahun ini " lanjut Beni Pujo Sayogo.

Ditambahkan oleh Ketua PIT IROPIN 2024, Moch Ilhamsyah Ramadhan, bahwa pekan ilmiah tahunan memberikan platform yang sangat penting bagi pelatihan dan pengembangan kompetensi
tenaga optometris sebagai bagian integral dari tenaga kesehatan. Dari PIT ke 2 IROPIN tersebut memungkinkan peserta untuk bertukar informasi mengikuti perkembangan tertinggi dalam dunia kesehatan mata, serta meningkatkan standar layanan kesehatan untuk menuju pada konsep optometris yang modern dan berkualitas dalam pelayanan.

"PIT ke 2 IROPIN ini juga menjadi sebuah kegiatan pengetahuan yang melibatkan pertukaran pengetahuan, informasi dan inovasi di antara berbagai pihak yang terlibat dalam ekosistem optometris dunia, " ujar Ilhamsyah Ramadhan. 

Dalam gelaran PIT ke 2 IROPIN ini nantinya para peserta akan mengikuti beberapa program dan sharing session, dimana para peserta akan mendapatkan pengetahuan terbaru dan inovasi dalam pelayanan bidang optometris. Seluruh materi akan disampaikan oleh pembicara terkemuka dari lembaga akademis, pakar optometris dan praktisi optometris profesional, serta dokter spesialis mata.

Peserta juga akan mengikuti program simposium inovasi optometris, dimana peserta nantinya akan berinteraksi dengan para ahli dan
peneliti dalam berbagai topik, termasuk peralatan mata di masa depan dan identifikasi ketidakseimbangan penglihatan.

Gelaran PIT ke 2 IROPIN 2024 juga akan memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendalami teori dasar sebelum mengaplikasikannya secara langsung dan refresh update
ilmu. Nantinya para peserta akan dibagi menjadi kelompok kecil untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dan penguasaan praktis dalam kurang lebih 30 topik sesuai trend saat ini.

Rangkaian kegiatan PIT ke 2 IROPIN 2024 juga akan diwarnai dengan kegiatan lain seputar optometris,  diantaranya lomba e-poster, pameran artikel ilmiah dan akademik, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang teknologi optik dan kolaborasi antara berbagai pihak.
PIT ke 2 IROPIN 2024 yang mengusung tema “Advancing Optometry with Excellence” dan akan berlangsung pada tanggal 14-15 September 2024 di hotel Grand Mercure Kota Malang.

Diperkirakan sekitar 2000 peserta akan hadir dan mengikuti acara tahunan IROPIN ini, yang berasal dari dengan optometris seluruh Indonesia, Pengurus Pusat IROPIN, Pengda IROPIN seluruh Indonesia, kolegium optometri Indonesia, majelis kehormatan disiplin etik dan profesi, dokter spesialis mata, Institusi pendidikan optometri seluruh Indonesia, dan mahasiswa optometri.

"PIT ke-2 IROPIN 2024 ini nanti juga didukung oleh industrial optik yang ada di Indonesia," tegas Ilhamsyah Ramadhan. 

TAGS : Mata PIT IROPIN Malang