Mulai 1 April 2023, Pemprov Jatim Fasilitasi Mudik Gratis Bagi Warga Pulau Raas

Sri Windari | Selasa, 28/03/2023 06:05 WIB

Mulai Dibuka, Pemprov Jatim Fasilitasi Mudik Gratis Bagi Warga Pulau Raas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Jawa TimurPemerintah Provinsi Jawa Timur memfasilitasi mudik gratis warga Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, dengan menyediakan satu unit kapal laut yang akan diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo. 

"Kami fasilitasi mudik gratis warga Pulau Raas dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo, menggunakan Kapal Motor Penyeberangan atau KMP Wicitra Dharma I," katanya, melalui keterangan tertulis di Surabaya, Senin. 

Mantan Menteri Sosial itu menjelaskan KMP Wicitra Dharma I akan melayani mudik gratis rute Jangkar - Raas sebanyak enam kali perjalanan pulang - pergi.

"Sekali berlayar, KMP Wicitra Dharma I bisa menampung sebanyak 2.400 penumpang dan mengangkut 400 unit sepeda motor lebih," ujarnya.

Baca juga :

Pendaftarannya dibuka 1 - 20 April 2023 secara luring dengan langsung mendatangi loket operator PT Dharma Dwipa Utama (DDU) di Pelabuhan Raas, Sumenep, maupun Pelabuhan Jangkar, Situbondo. 

Gubernur Khofifah merinci pelayaran mudik gratis dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo, tujuan Pulau Raas terjadwal pada tanggal 16, 18 dan 20 April 20223.

Sedangkan, pelayaran mudik gratis dari Pulau Raas tujuan Pelabuhan Jangkar Situbondo terjadwal pada tanggal 26 dan 29 April, serta 2 Mei 2023. 

"Silakan masyarakat yang ingin mudik bisa langsung mendaftar di loket operator PT DDU di Pulau Raas maupun Pelabuhan Jangkar," tuturnya. dilansir antara

Gubernur Khofifah memprediksi Lebaran Idul Fitri tahun ini akan begitu hangat dengan berkumpul bersama  keluarga di Kampung Halaman, di tengah pemulihan ekonomi pasca pandemi virus corona (COVID-19).  

"Untuk itulah Pemprov Jatim berharap dapat memberi kemudahan bagi para pemudik. Selain menyediakan sejumlah armada bus program mudik gratis melalui jalur darat, juga memfasilitasi mudik warga Pulau Raas dengan menyiapkan satu unit kapal laut dari Pelabuhan Jangkar Situbondo," ucapnya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu berharap ikhtiar dengan menggelar program mudik gratis menggunakan moda transportasi darat dan laut ini bisa menghadirkan Libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H dengan aman, nyaman demi mengurai kemacetan.

TAGS : Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Mudik Gratis