580 Warga Kepulauan Sumenep Ikuti Mudik Gratis Naik Kapal DBS III

Sri Windari | Jum'at, 08/07/2022 20:15 WIB

580 Warga Kepulauan Sumenep Ikuti Mudik Gratis Naik Kapal DBS III Pemkab Sumenep didukung SKK migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas menggelar mudik gratis Idul Adha 1443 H ke wilayah kepulauan.

Jawa Timur - Pemkab Sumenep didukung SKK migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas menggelar mudik gratis Idul Adha 1443 H ke wilayah kepulauan.

Mudik gratis tersebut menggunakan kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) III, milik PT Sumekar, salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sumenep.

“Mudik gratis ini hasil komunikasi Pemkab dengan KKKS, yakni Kangean Energy Indonesia (KEI) dan HCML. Sebenarnya ini dilaksanakan Idul Fitri kemarin, tapi karena waktunya mepet, maka digeser ke Idul Adha,” kata Bupati Sumenep, Ach. Fauzi usai memberangkatkan kapal mudik gratis dari Pelabuhan Kalianget, Jumat (8/7).

Rute mudik gratis menggunakan kapal DBS III tersebut adalah Pelabuhan Kalianget – Arjasa – Sapeken. Kapal akan kembali Sabtu (09/07) dengan rute Sapeken – Arjasa – Kalianget.

Baca juga :

“Kami akan mengupayakan agar mudik gratis Idul Adha ini juga bisa dilaksanakan setiap tahun seperti mudik gratis Idul Fitri,” ujar Bupati. dilansir beritajatim

Menurutnya, komunikasi dengan SKK migas dan KKKS akan terus dijalin, tidak hanya berkaitan dengan kepentingan mudik. Namun bagaimana perusahaan ekplorasi migas yang telah bertahun-tahun beroperasi di Sumenep bisa hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Tentu saja selain kewajiban CSR dan DBH migas yang selama ini sudah berjalan. Program-program untuk kepentingan masyarakat luas juga perlu dijalankan,” terangnya.

Sementara Direktur PT Sumekar, Syaiful Bahri menjelaskan, mudik gratis tersebut berlaku bagi seluruh penumpang kapal DBS III, baik tujuan Arjasa maupun Sapeken.

“Ada kurang lebih 580 penumpang kapal DBS III di program mudik gratis ini. Semua penumpang free. Tidak ada pungutan apapun,” terangnya.

Meski penumpang mencapai 580 orang, Syaiful meyakini jumlah tersebut tidak termasuk ‘over load’, karena kapasitas kapal masih memungkinkan.

“Untuk tempat duduk jumlahnya 300. Penumpang lain banyak yang memilih lesehan di deck, menggunakan alas tikar. Jadi kalau Kapal DBS III itu diisi 600 penumpang masih cukup,” katanya.

TAGS : Jawa timur sumenep mudik gratis kapal DBS III